Tips Meningkatkan Pelayanan Desa di Masa Pandemi



Dunia kini sedang berjuang menghadapi pandemi virus Corona (Covid-19), hal ini menuntut masyarakat untuk perlu melakukan adaptasi dalam kehidupan sehari-hari. Penyesuaian atau adaptasi ini juga berlaku untuk setiap penyelenggaraan pelayanan publik termasuk di antaranya pemerintahan desa. Pemerintah telah menetapkan regulasi untuk mencegah penyebaran virus corona. Tentunya hal ini berdampak pada standar pelayanan yang diberlakukan oleh pemerintah desa itu sendiri.

Peningkatan standar pelayanan desa akan menjadi salah satu langkah untuk mencegah penyebaran virus ini. Selama pandemi, pemerintah desa dapat mengambil langkah-langkah berikut untuk meningkatkan kualitas layanannya namun tetap mematuhi protokol Kesehatan yang ada, Langkah – langkah tersebut diantara nya yaitu:

1. Memberikan Informasi yang Jelas Tentang Standar Layanan.

Sebagian besar desa sudah memiliki media sosial (online) dan situs web desa. Namun media tersebut seringkali tidak digunakan untuk menyampaikan standar layanan atau menyediakan produk layanan, syarat, mekanisme, prosedur, biaya dan tenggat waktu, ataupun untuk menyampaikan kegiatan atau kinerja yang telah dilakukan. Dalam masa pandemi ini, menyediakan informasi yang jelas dan terkini lewat berbagai media akan membantu masyarakat mendapatkan informasi yang jelas akan pelayanan yang mereka butuhkan.

2. Meningkatkan dan Memanfaatkan Sistem Penyelenggaraan Layanan Secara Online.

Di masa pandemi ini layanan dengan sistem online memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Pelaksanaan sistem online dalam layanan ini dapat diterapkan dengan mengisi dokumen yang dibutuhkan selama proses pendaftaran untuk memungkinkan masyarakat hanya datang ke kantor desa ketika per-suratan yang diurus sudah selesai.

3. Penyesuaian Sarana, Prasarana dan Fasilitas Pelayanan

Penyesuaian yang dapat dilakukan antara lain penggunaan alat pelindung diri (APD) seperti masker atau face shield ketika memberikan pelayanan secara langsung, menerapkan social distancing dengan cara memberikan space jarak tertentu pada barisan antrian maupun jarak duduk di ruang tunggu, menyediakan hand sanitizer atau tempat cuci tangan. Serta juga dapat melakukan sterilisasi secara rutin seperti penyemprotan disinfektan di tempat – tempat yang menjadi titik interaksi dengan masyarakat.

4. Meningkatkan Kapabilitas Aparatur Desa

Berbagai hal dan penyesuaian proses pelayanan telah dilakukan dan untuk mendukung hal tersebut maka diperlukan peningkatan kapabilitas aparatur desa, terutama bila menggunakan sistem yang berbasis teknologi informasi serta asas-asas dalam memberikan pelayanan publik lainnya.

 

Pelayanan publik kini sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat yang harus mampu dipenuhi oleh pemerintah. Bahkan selama pandemi, penyelenggaraan pelayanan desa harus tetap berjalan dengan baik tanpa mengesampingkan pentingnya penerapan protokol kesehatan. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran setiap aparatur desa dalam meningkatkan standar pelayanan yang harus dilakukan guna upaya pencegahan penyebaran Covid-19

Cari
Tentang Desanesia

Desanesia adalah suatu platform berbasis website yang menyediakan pembuatan web desa secara gratis yang berlaku untuk seluruh desa di negara Indonesia.

"Urus surat kini bisa online melalui web maupun aplikasi Desanesia yang dapat di unduh di playstore"

Bergabunglah untuk menjadi bagian dari Desa Digital!